Space Iklan

Budaya - 11 Sep 2019 15:10 - 16 0
Dermaga Tradisional Kuala Pulo Sarok terkendala Sungai Dangkal
IMG

Aceh Singkil,-Transmetronews.co.id

Kuala dan sungai di dermaga tradisional Jembatan Tinggi Pulo Sarok, Kecamatan Singkil, kab. Aceh Singkil, dangkal.

Pasalnya dermaga itu merupakan tempat keramaian aktifitas.warga Aceh Singkil. melayani rute pelayaran kapal tradisonal boat Singkil-Pulau Banyak dan sebaliknya. 
Kemudian boat pengakut ikan dari Kepulauan Banyak, yang hendak di kirim ke Medan, Sumatera Utara, juga bongkar muat di Dermaga
Jembatan Tinggi Pulo Sarok tersebut.
Kondisi serupa dengan bongkar muat barang-barang kebutuhan pokok dan bangunan yang akan dibawa ke Kepulauan Banyak.

Menurut salah seorang penumpang (S) Senin (09/09/19) mengatakan
Akibat dangkalnya kuala pulosarok singkil kapal boat kerap terhambat ke luar masuk. Kapal tersebut harus menunggu air pasang baru bisa sandar maupun keluar.

"Kadang sampai malam menunggu pasang naik baru bisa keluar atau masuk dermaga Jembantan Tinggi,

Pendangkalan juga terjadi di mulut muara menuju dermaga Jembatan Tinggi Pulau Sarok. Di kuatirkan berdampak buruk, bagi pengguna sungai dan kuala,

Pemandu kapal (MD) 35 ahli medan kuala,menjelaskan
Kepada media transmetronews.co.id. kapal boat tersebut masuk pada malam hari. Tentunya padanganpun terbatas makin gelab sehingga para penumpang meminta kapal boat bersandar di pelabuhan laut singkil untuk menurunkan penumpang yang tidak mempunyai barang banyak, yang . barang dagangan harus menunggu untuk beberapa jam yang sekira pasang sudah kembali naik.

Tanpa dipandu di kuatirkan terjebak di tengah kuala yang dangkal takjarang pula di kuala dangkal tersebut boat yang melintas mengalami patah kipas dan kemudi bengkok diakibatkan kandas,ujarnya.

Selain dangkal dermaga Jembatan Tinggi Pulo Sarok, minim fasilitas.sedangkan dermaga pulao sarok sangat di butuhkan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat pulau banyak. Dan sekitar.(A.Hutabarat)

Share :

Space Iklan

Hot News

Berita Terbaru