Publik - 09 Oct 2019 21:46 - 144 0
Pelatihan PSDM Zona 4 Kabupaten Sukabumi Diikuti 184 Peserta,77 Desa dari 10 Kecamatan
IMG

 
Sukabumi,-Transmetronews.co.id
Program pelatihan PSDM zona IV Kabupaten Sukabumi, yang di hadiri 184 peserta dari 77 Desa di 10 kecamatan diwilayah kabupaten sukabumi.

Kegiatan Pelatihan digelar di Kaldera Desa Cijambe Kecamatan Cikadang  kabupaten Sukabumi,rabu,(09/10/19)

Adapun  dari 10 Kecamatan yang mengikuti diantaranya,:
1.kec.Cicurug
2.kec.Cidahu
3.kec.Ciambar
4.kec.Parungkuda
5.kec.Parakansalak
6.kec.Nagrak
7.kec.Cibadak
8.kec.Bojonggenteng
9.kec.Kalapanunggal
10.kec.Kabadungan

Kegiatan PSDM ini akan diselengarakan selama dua hari mulai dari tanggal 09 sampai dengan 10 oktober 2019.


Asep Jaenal panitia penyelenggara PSDM dalam sambutanya mengatakan,"
Dengan metode penyampaian materi diskusi,fokus group diskusi,dan akan diakhiri penyusunan rencana tindak lanjut (RTL) dan penyampaian materi akan disampaikan oleh dinas kesehatan,dinas pendidikan,dinas pemberdayaan masyarakat desa dan akan di lantih langsung oleh TIK/TAPM Kabupaten Sukabumi.

Perlu Diketahui,bahwa program inovasi Desa (PID) merupakan salah satu Upaya Kemendes PDTT untukeningkatkan kapasitas Desa sesuai dengan undand undang no 6 tahun 2014 tentang tentang desa dalam mengembangkan rencana dan melaksanakan pembangunan desa secara berkualitas  agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing.

Kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (PSDM) ini didasarkan pada pedoman umum program inovasi desa tahun 2019,yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Desa PDTT No 4 Tahun 2019 tentang perubahan atas keputusan menteri desa, pembangunan daerah tertinggal ,dan transmigrasi  No 48 Tahun 2018 tentang pedoman umum program inovasi desa.

Perubahan pedoman  umum PID tersebut, dikarenakan adanya perubahan subtansi pada pengaturan terkait pedoman umum program inovasi desa, layanan teknis,dan kegiatan peningkatan kapasitas dalam mendukung program pencegahan stunting pada pembangunan desa.

Peningkatan kapasitas dalam PID dilakukan melalui kegiatan pengelolan pengetahuan inovasi desa (PPID) dan mempersiapkan lembaga penyedian peningkatan kapasitas teknis desa (P2KTD) untuk membantu pembangunan desa dengan fokus pada bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan,pengembangan sumber daya manusia dan infrastruktur desa yang sejalan dengan program prioritas Kemendesa PDIT dalam peningkatan produktivitas.paparnya


Acara Pelatihan  PSDM Zona IV kabupaten Sukabumi ini, tampak hadir
Sekdis Eka Nandang Nugraha S.ip.MM
TA P3MD Namdang Albian SH.MH dan serta Kabid DPMD Syarif Rahmat

(Asep Mahmud)

 

 

Share :

Hot News

Berita Terbaru

Bupati Muda Komit Pelayanan Publik
16 Oct 2019 | 17:59 - 15 0
Bupati Muda Komit Pelayanan Publik