Baksos Donor Darah Yayasan Budha Tzu Chi Batam, Terkumpul 146 Kantong Darah

 

BATAM, TRANSMETRONEWS.CO.ID – Dimasa pandemi Covid-19 tahun ini, Yayasan Budha Tzu Chi Perwakilan Batam Kepri bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam, kembali melaksanakan kegiatan bakti sosial Aksi Sehat Donor Darah, pada hari Minggu (08/11/20) dimulai pukul 10.00 – 15.00 Wib, bertempat di Aula Jing Si lantai dasar komplek Tzu Chi, Jalan Taman Indah blok III Lubuk Baja Kota Batam.

Bacaan Lainnya

Protokol kesehatan pun diterapkan oleh panitia, bagi para pendonor mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan dengan hand sanitizer, memakai masker serta menjaga jarak.

Turut hadir dalam acara baksos tersebut, Ibu Sri Sudarsono Ketua PMI Kota Batam, para pengurus dan relawan Yayasan Budha Tzu Chi Kota Batam.

Dikesempatan tersebut, Ketua PMI Kota Batam Ibu Sri Soedarsono saat di temui jurnalis Transmetronews.co.id dalam memberi keterangan pers mengatakan, Kegiatan hari adalah bakti sosial donor darah, yayasan budha Tzu Chi ini sering melaksanakan kegiatan ini, biasanya di mall, dan yang datang pendonor lebih banyak, untuk hari dilaksanakan disini mereka yang datang memang sedikit, yang anggota atau yang dekat dengan Budha Tzu Zhi datang.

“Kita sedang membutuhkan kantong darah, di seluruh Indonesia dan dari hari ke hari kita tidak pernah ada stok darah dan selalu terpakai bagi mereka yang membutuhkan darah,” kata Bu Dar (sapaan akrabnya).

“Yayasan Budha Tzu Chi ini merupakan salah satu mitra PMI yang rutin melaksanakan kegiatan bakti sosial donor darah, bukan hanya sekali ini saja,” ujar Bu Dar.

“Harapan kami tentunya kita lebih bisa memberikan stok kantong darah, semoga dengan adanya kegiatan ini memberikan manfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

“Biasanya dua tahun sekali Yayasan Budha Tzu Zhi bakti sosial kesehatan melaksanakan operasi seperti katarak, tumor, hernia bagi masyarakat di hinterland dan sekitarnya secara gratis, kegiatan ini di tunda untuk tahun ini, karena kita ketahui saat ini sedang pandemi Covid-19,” kata Bu Dar menambahkan.

Mungkin untuk tahun depan bila sudah aman dari Covid-19 akan kita lanjutkan, dan masyarakat saat ini sedang menunggu khususnya untuk operasi katarak secara gratis,” imbuhnya.

drg. Juana Subandy selaku ketua bidang Tzu Chi Internasional Medical Association (TIMA) Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia menyampaikan bahwa, Untuk peserta donor darah biasa kita ada data rutin yang melakukan donor, dan selain itu kita juga mempromosikan melalui media sosial untuk ikut kegiatan ini, namun untuk sekarang ini karena masih di pandemi Covid-19, kita cantumkan persyaratan bagi pendonornya.

“Untuk target hari ini rencana target kita mengumpulkan sekitar 150 kantong darah, mudah-mudahan kita dapat sesuai target, tadi saya lihat sudah ada 76 kantong darah, dan masih ada kesempatan kita karena kita tutup sampai jam 15.00 Wib,” ujarnya.

Kegiatan ini adalah untuk membantu masyarakat yang membantu kekurangan darah, karena kita tahu begitu banyaknya warga masyarakat yang membutuhkan darah.

“Banyak kegiatan kita yang tertunda, karena pandemi Covid-19 ini, kegiatan besar kita yang biasanya kita bekerjasama dengan Rumah Sakit Budi Kemuliaan Batam yaitu pengobatan umum dan operasi katarak, dan operasi lainnya. Walau demikian kita tetap membantu memberikan bantuan kepada puskesmas berupa APD dan bantuan lainnya dalam rangka peduli Covid-19,” jelas drg. Juana.

“Kita peduli dengan program pemerintah dalam upaya untuk memutuskan mata rantai Covid-19.” pungkasnya.

Data akhir dari kegiatan bakti sosial donor darah ini terkumpul 146 kantong darah, dengan rincian 33 golongan darah A, 43 golongan darah B, 8 kantong darah golongan darah AB, dan 64 golongan darah O. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *